Monday, May 15, 2017

Beda Sunblock dan Sunscreen - Ilmu dari Hakubi


Hampir semua dari kita-kita ini udah sering banget denger kata sunblock dan sunscreen. Bener kan? Udah banyak juga dari kita yang tau bahwa sunblock atau sunscreen itu udah jadi kewajiban untuk digunakan setiap hari. Banyak juga yang taunya dipakenya itu kalo pas lagi berenang aja. Tapi adakah yang tau kalau sunblock dan sunscreen itu adalah 2 hal yang berbeda? Fungsinya pun berbeda juga dan wajib digunakan setiap hari.


Informasi ini gue dapet ketika gue hadir di acara launchingnya Hakubi BB Cream, tanggal 9 Mei 2017 di Kota Kasablanka. 10 vloggers undangan saat itu dapet penjelasan dari mbak Yosy Krisyanti (Product Manager Sato Pharmaceuticals) tentang perbedaan sunblock dan sunscreen yang pastinya ada kaitannya dengan Hakubi BB Cream Moisture Rich. Tapi gue nggak akan review produknya disini yaa.. gue akan bikin video review sendiri yang akan tayang di Youtube channel gue. Udah pada subscribe belum? Kalau belum, langsunglah hanya dengan one click away, subscribe disini supaya nanti kalian dapet notifikasinya tiap kali gue upload video baru.


Hakubi dan Sato Pharmaceuticals
Sebelumnya gue juga pernah cerita tentang Hakubi dan Sato Pharmaceuticals disini. Gue juga tulis tentang kenapa kita akan ngerasa aman pilih produk-produk keluaran Sato Pharmaceuticals.

Long story short, Hakubi ini adalah salah satu produk kecantikan dari Sato Pharmaceuticals yang sudah berdiri di Jepang sejak tahun 1915 dan semakin besar dan kuat sampai sekarang. Dengan motto Health is Number One Priority, semua produk yang diproduksi oleh Sato Pharmaceuticals selalu dinomorsatukan keamanan dan kegunaannya bagi kesehatan.

Watsons


Pas di acara kemarin itu, sesudah kami para vloggers kumpul-kumpul di Nanny’s Pavillon, makan-makan girang, terus dengerin penjelasan produk, langsung kami meluncur ke Watsons. Apa hubungannya Watsons dan Hakubi?


Produk Hakubi ini bisa dibeli di Watsons manapun yang bertebaran di kota kalian. Dan enaknya kalau belanja di Watsons, staffnya itu nggak irit. Ada banyak. Jadi kalau emang bingung-bingung mau nyari sesuatu, bisa tinggal tunjuk mau nanya sama mbak-mbak yang mana. 

Sekarang gue mau jelasin tentang sunblock dan sunscreen yang ilmunya gue dapet dari acara Hakubi kemarin itu. Pokoknya gue kalau dapet undangan dari Hakubi, pasti nggak mikir lagi untuk langsung jawab ‘iya.. in syaa Allah akan hadir’. Karena acaranya dikemas informal dan gue enjoy banget acaranya karena berasanya nggak ada gap antara para vloggers dan pihak brandnya.

Kalau kita bicara tentang lotion pelindung kulit, ada 2 macam tipe sebetulnya. Chemical dan physical.

Sunblock
Sunblock itu termasuk lotion pelindung yang physical. Berisi bahan-bahan organic dan non-organic yang membangun lapisan di atas permukaan kulit dan berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar UV.

Jadi dicamkan baik-baik yaa sweet darlings. Sunblock tidak terserap ke lapisan dalam kulit. Jadi hanya bertengger melapisi kulit luar kita. Tugasnya ngeblock sinar matahari yang ‘menembak’ kulit kita.

Kuntjinya adalah kalau ada octyl methoxycinnamate, octyl salicylate dan octocrylene, ini artinya adalah sunblock.

Sunblock ini yang biasanya digunakan untuk berenang dan berjemur di pantai. Jadi digunakan untuk kegiatan yang sudah terencana berapa lamanya dijalani dan diformulasikan untuk melindungi kulit dari sinar Ultra Violet B (UVB) yang hanya ‘menembak’ lapisan epidermis atau lapisan luar kulit aja.

Sunscreen
Sunscreen itu termasuk lotion pelindung yang chemical. Sunscreen ini biasa disebut dengan tabir surya yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Sunscreen ini akan terserap ke dalam kulit dan bekerja menyerap radiasi sinar Ultra Violet A (UVA) sebelum akhirnya sampai masuk ke lapisan dalam kulit (dermis).

Jadi.. kalau kulit kita terkena sinar matahari, maka sinar matahari yang berhasil menembus lapisan epidermis, akan diserap langsung oleh sunscreen yang sudah terserap di dalam kulit. Jadi sunscreen inilah yang berperan besar dalam melindungi kulit kita dari kanker kulit akibat terpapar sinar matahari.

Bahan aktif sunscreen adalah zinc oxide dan titanium dioxide. 

Untuk melindungi kulit sepenuhnya, pilihlah produk yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Artinya yang sudah ada kandungan sunscreen dan sunblocknya.

Sun Protection Factor (SPF)
Suka liat kan kalo pas beli foundation, bb cream, cc cream, dan day cream suka ada bacaan SPF-nya? Tapi gue yakin pasti masih ada temen-temen yang sebetulnya nggak ngerti SPF itu apa.

SPF itu adalah indikator berapa lama produk tersebut bisa melindungi kita dari sinar matahari. Tapi sebelumnya kita harus tau dulu ketahanan kulit kita itu saat terpapar sinar matahari seberapa lama.

Contoh standardnya adalah biasanya manusia itu baru akan mengalami sunburn atau terbakar kulitnya setelah 10 menit terpapar sinar matahari.

Nah besarnya angka SPF inilah yang menentukan si produk yang kita punya itu bisa melindungi kita berapa lama.

Contoh Hakubi BB Cream Moisture Rich memiliki kandungan SPF 30.
Artinya produk ini bisa melindungi kulit kita dari sinar matahari selamat 10 menit x 30 = 300 menit.

Terus kalau udah 300 menit perlu dipakein lagi kah?
Tergantung kondisi tubuh masing-masing dan tergantung kegiatan yang dilakukan. Kalau memang ternyata masih berkegiatan yang terpapar langsung sinar matahari, sesudah 300 menit ya sebaiknya dioleskan lagi.

Kalau memang tubuhnya berkeringat banyak, ya sebaiknya ditambahkan lagi.

Protection Grade of UVA (PA)
Nah PA ini nunjukin kadar seberapa kuat perlindungan terhadap paparan sinar UVA. Levelnya itu ditandai dengan simbol + (plus)

PA+ = normal
PA++ = strong
PA+++ = very strong 


Semoga dengan postingan ini jadi pada tau yaa bedanya sunblock dan sunscreen dan jadi ngerti produk yang dibutuhkan itu yang mana. Untuk memenuhi kebutuhan perlindungan kulit yang sekaligus bisa mempercantik wanita, salah satu produknya adalah Hakubi BB Cream Moisture Rich. Pokoknya kalau mau tau gimana review produk ini, tungguin aja postingan videonya di Youtube channel gue yaaa..

5 comments:

  1. Baruu tau aku bund kalo dua itu beda ahahah makasih bund infonya manfaaat banget ^^

    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
  2. Hallo Mbak Yonna, salam kenal yak. Postingannya sangat bermanfaat sekali. Karena selama ini saya hanya pakai sunblock aja, itu pun cuma saat renang. Jadi, kalau untuk sehari-hari kita butuh sunscreen juga donk. TFS :)

    ReplyDelete
  3. Bun.. aku tercerahkan dgn postingan ini..
    Sekarang aku ngerti apa itu UVA, UVB, dan PA. Jadi klo beli produk gak bingung lg.. hahaha..

    Thank youuuu...

    ReplyDelete
  4. Thanks Mbk infonya lengkap banget, sangat bermanfaat, jadi kaya ilmu deh

    ReplyDelete
  5. akhirnyaa ngerti tentang sunscreen dan sunblock
    padahal ini pengetahuan dasar banget yaa tapi sering di abaikan
    hehehe

    ReplyDelete