Thursday, July 14, 2016

Cantik dari Hati Adalah...

Untuk beberapa wanita, butuh penerawangan tersendiri untuk bisa mencerna apa itu arti cantik dari hati bagi diri kita sendiri. I’m serious. Saya sudah pernah melihat sendiri reaksi beberapa wanita yang saya temui dan saya tanyakan..

“Kalau menurut kamu, cantik dari hati itu kayak gimana sih?"

Ada yang cuma nyengir.
Ada yang malah balik nanya: "kalo menurut Mbak gimana?"
Ada yang lempeng bilang: "yaahh yang penting cukup tidur lah.."


Ini adalah fakta baru, ladies. Banyak diantara kita yang belum bisa memaknai apa itu arti cantik dari hati yang sebenarnya. Makna bagi diri sendiri lho ya. Bukan makna dari orang lain. Karena pemahaman apa itu cantik dari hati bagi tiap-tiap wanita itu pasti berbeda. Tergantung lingkungan, pengalaman hidup, dan cara berpikir. And here’s mine..

Cantik dari hati itu adalah...
Ketika kita sudah sepenuhnya sadar bahwa you are what you are. Saya bukanlah dia. Saya bukan Ani. Saya bukan Budi. Saya bukan Ceri. Saya bukan Dedi. Saya bukan Eti. Dan abjad-abjad selanjutnya.

Menggunakan Wardah Longlasting Lipstick no. 02
Saya adalah Yonna.
Wanita bertubuh kekar. Bukan gembrot. Tapi kekar.
Beralis menyebar berantakan.
Bermata belok dan kelopak hooded eyes.
Berkulit wajah berminyak.
Berhidung mancung walaupun tulang hidungnya besar.
Berbibir penuh yang sudah mulai menipis karena faktor usia.

Saya adalah Yonna.
Wanita yang sangat beruntung hadir di dunia dengan segala anugerah yang diberikan Allah kepadanya.

Cantik dari hati itu adalah..
Ketika kita sudah mampu bersyukur atas segala kelebihan yang ada pada diri kita. 
Ketika kita sudah mampu sadar dan melihat bahwa kelebihan itu harus ada manfaatnya untuk orang lain juga. Bukan hanya diri kita. 
Ketika kita sudah mampu bersyukur atas segala yang kita namakan ‘cela’ pada diri kita. Ketika kita sudah mampu melihat bahwa ‘cela’ tersebut ada kelebihannya juga untuk diri kita.

Cantik dari hati itu adalah..
Ketika kita merasa nyaman dan aman dengan segala kemampuan yang ada pada kita. Kita yakin bahwa Allah sudah mengatur skenario dengan sebaik mungkin. Tidak perlu merasa terancam dengan kelebihan dan eksistensi orang lain. Karena kita sudah tau pasti, ada banyak hal spesial yang ada di diri kita yang orang lain juga nggak punya.


Cantik dari hati itu adalah..
Ketika kita melihat semua orang itu adalah sama. Tidak ada yang tinggi ataupun lebih rendah derajatnya. Sehingga kita sadar sesadar-sadarnya, tidak pantas kita membully wanita lain yang aneh riasan alisnya di sosmed. Tidak pantas kita menertawakan keluguannya atas tindakannya. Seolah-olah kita lebih pintar, lebih sempurna..

Cantik dari hati itu adalah..
Ketika kita ikut bahagia atas kebahagiaan orang lain. Bahagia ketika ada teman yang melaju 3x lebih cepat suksesnya dibanding kita. Karena kita sadar, setiap manusia yang berdiri di muka bumi ini sudah ada bagiannya masing-masing. Dan balik lagi, mampu bersyukur atas setitik debu yang kita miliki.

Cantik dari hati itu adalah..
Ketika kita sadar bahwa nggak akan ada makeup semahal apapun yang bisa menghiasi wajah kita apabila hati kita dipenuhi rasa iri, dengki, benci, bully..

Cantik dari hati itu adalah..

Ketika kita sadar sesadar-sadarnya.. bahwa biar bagaimanapun, kecantikan lahir dan batin itu membutuhkan serum ibadah sebagai makanan pokok hati kita.

Bayangkan bagaimana majunya Indonesia nanti apabila wanita-wanitanya mampu memaknai Cantik dari Hati dan mereka akan menghasilkan generasi-generasi muda yang bersinar karena dididik oleh wanita-wanita yang berhati cantik. In syaa Allah. Amin.



8 comments:

  1. Sepakaaattt....
    Dan perjalanan menuju itu semua cukup panjang juga bagikuu.

    Ya ya ya, bahkan sampai sekarang, masih nemu juga sesama wanita yang demen ngomentari fisikk.
    Aduh, ayo upgrade atuh wanitaaaa....
    Kita bukan cuma sekedar tubuh aja kaaann kaaannn...

    ReplyDelete
  2. Aduuh jadi mlembung karena namaku disebut-sebut... Eh, bkn aku ya Teh?. Edisi GR... šŸ˜Š
    Definisi cantik dari dari yang komplit. Dan saya harus sepakat dengan Teteh.
    Semua berawal dari penerimaan diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhhaaa... ada Ety-nya muncuuull.. tinggal nunggu Ani Budi Ceri Dedi

      Delete
  3. yakin pd kemampuan sendiri. klo kita nggak yakin, gmn org lain ya?

    ReplyDelete